BAB X
KOMUNIKASI PEMASARAN
Pengertian Komunikasi
Pemasaran
Marketing Communication ( Komunikasi
Pemasaran ) adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk
menginformasikan, membujuk dan meningkatkan konsumen langsung atau tidak
langsung tentang produk dan merk yang mereka jual.Komunikasi pemasaran dapat
diidentifikasikan sebagai hal berikut:
Mengidentifikasikan pasar dan kebutuhan
konsumen atau persepsi konsumen.menggambarkan dan mengoperasionalkan gambar
atau persepsi tujuan target group.
Mengevaluasikan sejumlah perilaku
yang tergambar diyakini dapat mencapai tujuan.Strategi mempromosikan
sebuah produk atau perusahan merupakan strategi pembangunanatribut yang akan
dan terus dikenal oleh konsumen.
Tujuan Komunikasi
Pemasaran
Komunikasi pemasaran bertujuan untuk
mencapai tiga tahap perubahan yang ditunjukan kepada konsumen. Tahap pertama
yang ingin dicapai dari strategi komunikasi pemasaran adalah tahapan perubahan
khowledge (pengetahuan), dalam perubahan ini konsumen mengetahui adanya
keberadaan sebuah produk, tahapan kedua adalah perubahan sikap dalam consumer
behavior perubahan sikap ini ditentukan oleh tiga unsur yang disebut oleh
Sciffman dan Kanuk menunjukkan bahwa tahapan perubahan sikap ditentukan dan
conation (perilaku), jika tiga komponen ini menunjukkan adanya kecenderungan
terhadap sebuah perubahan (kognitif, afektif, dan konatif).
Konsumen Indonesia setip saat berubah
sedikit dengan sedit menuju sebuh tahapan yang disebut ”knowledge social”, tahapan
ketiga lebih berbahaya lagi setip perancang iklan yang bermaksud
membodoh-bodohi konsumen. Perlu disadari bahwa batas-batasan etika ini
sebenarnya tidak bermaksud membatasi keratifitas ide, bahkan memotivasi
terjadinya inovasi dan kreatifitas iklan yang lebih tinggi dan membantu para
kreatif untuk memberikan sebuah iklan.
Jadi inti dari tujuan Komunikasi Pemasaran
adalah :
1. Membangkitkan keinginan
akan suatu kategori produk
2. Brand Awarness
3. Intention
4. Memfasilitasi Pembelian
Fungsi Komunikasi Pemasaran :
- Konsumen
dapat diberitahu atau ditunjuk bagaimana dan mengapa sebuah produk digunakan
oleh orang seperti apa dan bagaimana serta kapan.
- Konsumen
dapat belajar tentang siapa yang membuat produk dan apa yang dipertahankan
perusahaan dan merek.
- Dan
konsumen dapat diberikan suatu insentif atau imbalan untuk percobaan atau
penggunaan.
Kegiatan Komunikasi Pemasaran meliputi :
Promosi, yakni aktivitas menjual suatu
produk yang bersifat jangka pendek.
Iklan, Merupakan persentasi terhadap suatu
barang ataupun jasa yang bukan dilakukan oleh orang secara langsung
tetapi berupa promosi gagasan.
Pemasaran Langsung, Merupakan pemasaran
yang dilakukan melalui media. Media yang digunakan antara lain lewat sms,
telepon, fax, email dan lain sebagainya. Biasanya dalam pemasaran
langsung ini terjadi dialog langsung untuk meminta tanggapan.Penjualan Pribadi,
Dalam penjualan pribadi ini, terjadi interaksi tatap muka dengan satu atau
beberapa calon pembeli.
Hubungan Masyarakat dan Pemerintahan,
Dalam hubungan masyarakat dan pemberitaan ini biasanya dibuat
program-program tertentu yang bertujuan untuk mempromosikan barang, atau bisa
juga bertujuan untuk memperlihatkanimage positif bagi perusahaan kepada
masyarakat.
Acara khusus dan Pengalaman, Dalam hal ini
perusahaan memberikan sponsoruntuk acara-acara yang memiliki kegiatan
interaktif di dalamnya.
Inti Dari Komunikasi Pemasaran Komunikasi
pemasaran membahas beberapa masalah yang memiliki kaitan erat dengan komunikasi
dalam pemasaran, pokok kajian pembahasan komunikasi pemasaran antara lain
Strategi Komunikasi
Segmentasi Potensial
Perencanaan Media
Kreatif pesan dan Visual
Biaya Komunikasi dan Belanja Iklan
Riset Komunikasi Pemasaran
Konsep Bisnis Masa Depan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar