PERILAKU PASAR
A. Pengertian Pasar
Pasar secara
umum dan sering dikenal adalah temapat pertemuan pembeli dan penjual.
Pengertian tersebut adalah pengertian pasar tradisional. Pengertian pasar
menurut konsep pemasaran berbeda dengan pengertian pasar tradisional
sehari-hari.Pengertian pasar menurut pemasaran adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.
Secara keseluruhan, perilaku pasar bersifat heterogen. Sebagian pasar berperilaku tertentu sedang bagian pasar yang lain berperilaku lain pula. Pemasar memerlukan kelompok-kelompok pasar yang berperilaku lebih seragam. Untuk tujuan tersebut, pasar dikelompok-kelompokan dalam beberapa bagian.
B. PASAR KONSUMEN
Atas dasar
perilaku tujuan pembeliannya, pasar dibedakan menjadi dalam dua kelompok :
1. Pasar konsumen akhir
Pasar
konsumen akhir sering disebut sebagai pasar konsumen, meliputi pribadi atau
rumah tangga yang mengkonsumsi barang untuk keperluan sendiri dan untuk rumah
tangganya.
2. Pasar konsumen antara
Pasar
konsumen antara sering dikenal sebagai pasar produsen, pasar industrial atau
pasar organisasional yang mengkonsimsi barang untuk keperluan (diproses atau
dijual) pihak lain.
C. PASAR INDUSTRI
Pada Pasar Industri Semua
organisai yang membeli barang dan jasa untuk di gunakan memproduksi
barang dan jasa lain yang di jual, di sewakan, atau ke perusahaan lain .
A . Proses Pembelian Pasar Industri
- Proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pembeli pasar industri untuk menetapkan kebutuhan akan produk dan jasa yang harus di beli dan untuk mengidentifikasikan, mengevaluasikan, dan memilih dari berbagai alternatif merek dan pemasok .
B . Karakteristik Pasar Industri
- Struktur dan Permintaan Pasar
- Pasar industri memilih lebih sedikit pembeli tetapi besar nilainya .
- Pelanggan pasar industri lebih terkosentrasi secara geografis .
- Permintaan pembeli industri merupakan turunan dari permintaan konsumen akhir .
- Permintaan di pasar industri lebih inelastic - kurang terpengaruh oleh perubahan harga jangka pendek .
- Permintaan di pasar industri lebih berluktuatif dan lebih cepat .
Perilaku Pembelian di Pasar Industri
a . Berbagai Situs Pembelian Utama
1 . Pembelian Uang Sepenuhnya
- Merupakan situasi pembelian di pasar industri yang di tandai oleh pembeli secara rutin memesan ulang sesuatu tanpa ada modifikasi .
2 . Pembelian Ulang dengan Modifikasi
- Situasi pembelian di pasar industri yang di tandai oleh pembelian ingin memodifikasi spesifikasi, harga, persyaratan, dan pemasokan produk .
3. Tugas Baru
- Situasi pembelian di pasar industri yang di tandai oleh pembeli membeli produk atau jasa untuk yang pertama kalinya .
4 . Pembelian Sistem
- Pembelian penyelesaian masalah secara terpaket dari satu penjual .
C . Peserta Proses Pembelian di Pasar Industri
Unit pengambilan keputusan organisasi pembelian di sebut "Pusat
Pembelian" yaitu semua individu dan unit berpartisipasi dalam proses
pengambilan keputusan di pasar industri .
1 . Pemakai
- Anggota organisasi yang akan mengggunakan produk atau jasa, pemakai sering sebagai pencetus usulan pembelian dan membantu mendefisikan spesifikasi produk .
2 . Pembeli Pengaruh
- Orang di dalam pusat pembelian suatu organisai yang mempengaruhi keputusan pembelian, merea sering membantu mendefisikan spesifikasi dan juga menyediakan informasi untuk mengevaluasi sejumlah alternatif .
3. Pengambil Keputusan
- Orang di dalam pusat pembelian suatu organisasi yang meiliki kekuatan formal dan informasi untuk memilih atau menyetujui pemasok yang harus di pilih .
4 . Penjaga Gawang
- Orang yang di dalam pusat pembelian suatu organisasi yang mengendalika arus informasi kepada orang lain .
D. PERILAKU PASAR
Perilaku pasar
mencerminkan perilaku individu-individu yang ada di dalam suatu
kelompok tertentu. Pola perilaku individu dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti faktor personal (usia dan tahapan hidup, kedudukan/jabatan, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri), faktor psikologis (motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan
sikap). Kedua faktor di atas akan menentukan perilaku individu-individu di dalam mengambil keputusan pembelian. Perilaku pembelian (buying behavior): keputusan dan tindakan orang-orang yang terlibat dalam pembelian dan penggunaan suatu produk.
Ada lima peran yang terlibat di dalam proses pembuatan keputusan pembelian.
1. Initiator
kelompok tertentu. Pola perilaku individu dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti faktor personal (usia dan tahapan hidup, kedudukan/jabatan, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri), faktor psikologis (motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan
sikap). Kedua faktor di atas akan menentukan perilaku individu-individu di dalam mengambil keputusan pembelian. Perilaku pembelian (buying behavior): keputusan dan tindakan orang-orang yang terlibat dalam pembelian dan penggunaan suatu produk.
Ada lima peran yang terlibat di dalam proses pembuatan keputusan pembelian.
1. Initiator
seseorang yang
menyarankan/memunculkan ide untuk membeli
sesuatu produk/jasa
b.Influencer
sesuatu produk/jasa
b.Influencer
seseorang yang
cara pandang dan gagasannya mempengaruhi
keputusan pembelian
c. Decider
keputusan pembelian
c. Decider
seseorang yang memutuskan komponen dari keputusan
pembelian; membeli atau tidak, apa yang mau dibeli, bagaimana
membelinya, atau dimana akan dibeli.
d.Buyer
pembelian; membeli atau tidak, apa yang mau dibeli, bagaimana
membelinya, atau dimana akan dibeli.
d.Buyer
seseorang yang secara aktual melakukan pembelian
e.User:
e.User:
seseorang yang mengkonsumsi atau menggunakan produk/jasa
Perilaku pembelian pasar konsumen (consumer buying behavior): keputusan dan
tindakan orang-orang yang ditujukan untuk membeli suatu produk untuk digunakan
sendiri.
Perilaku pembelian pasar konsumen (consumer buying behavior): keputusan dan
tindakan orang-orang yang ditujukan untuk membeli suatu produk untuk digunakan
sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar